Hubungi Kami Di (021) 5689-698

Home » About Us

About Us

Sejarah Perusahaan Cara Mengobati Penyakit Gula atau Kencing Manis

Kalau “ Care “ diterjemahkan sebagai perawatan, maka “ Tayun Care “ berarti perawatan sesuai dengan Tayun, kenapa “ Tayun “? Ceritanya agak unik karena “ Tayun “ adalah nama panggilan sang istri. Tahun 1992 berkenalan dengan Biostimulation Laser, diajarkan sebagai anti inflamasi di Jakarta Skin Center, dicoba untuk fraktur kronik dengan dermatitis kontak berhasil dengan baik.

Tahun 2004, tanpa promosi Senopati Skin Center sering dikunjungi oleh pasien-pasien L.D, umumnya stadium (3-4) atau yang sudah intervensi bedah (eksisi luas dan amputasi).

Pada awalnya tahun 1994 sebagai SpKK kosmetik, saya menolak melayaninya karena menyalahi aturan SOP untuk merawat jari kaki nekrotik DM. Sang pasien keluarga Minang yang sangat saya hormati (H. Abdul Razak, Bagindo Maharadjolelo) adalah keluarga yang cerdas, akan tetapi agak gendut-gendut dengan DM, karena pengasih dan penolong saya berhutang budi dengan keluarga yang sangat saya hormati ini.

Pasien Uni Upik, pintar dan menguasai 4 bahasa tersebut sedikit marah dan menantang “Mas, kaki saya hitam dijari no 4 bekas kena jarum pentul, harus diamputasi kata dokter bedah” luka kecil bekas tusuk jarum tak bisa disembuhkan, apakah luka amputasi yang lebih besar akan cepat sembuh?. Pertanyaan tersebut sampai sekarang (2013) tak dapat saya jawab.

Keakraban keluarga membawa hikmah, “ Tayun “ istri saya dielus-elus Uni Upik dengan pesan “asal obat dari Mas Rata, obat apapun akan dituruti, inilah rupanya dapat mendobrak SOP, akhirnya dicoba dengan tambahan Laser LLLT dan ternyata jari kakinya mutilasi spontan tanpa bekas setelah 2 bulan.

Sejak itulah pasien-pasien dengan LD ataupun luka kronik (khususnya dari pulau Timah Bangka) hampir tak putus-putusnya datang dengan muka sedih dan putus asa.

Rupanya salah satu sejawat Endokrinologi dan Penyakit Metabolik FKUI, ikut mendorong agar dibuat klinik khusus LD, olek karena cukup banyak pasien yang menghindari amputasi. Tahun 2010 berdirilah “Cakra Permata Husada” klinik dengan “ Tayun Care “ as a Therapeutic method for acute and chronic ulcers especially diabetic ulcers to avoid amputation”.

Demikianlah disaat awal hanya terfokus untuk pengobatan LD, untuk mengindari amputasi, akhirnya cukup banyak kasus-kasus luka kulit akut dan kronik dengan inflamasi nampaknya berhasil sukses dengan modifikasi metode “ Tayun Care “.

“ Tayun Care “ didasari oleh pemakaian sarana yang diperkirakan gampang ditemui dalam lingkungan situasi dan kondisi Indonesia, khususnya Puskesmas mudah dipelajari dan ternyata hasilnya cukup efektif dan relative murah. Tayun Care adalah salah satu cara mengobati penyakit gula atau kencing manis.

Setelah sekitar 15 tahun, ikut bergumul dengan luka akut dan kronik khususnya dengan sibau busuk – LD, diperbaiki dengan metode yang ada, diperkenalkan di Kongres Perdoski Manado (2011), akhirnya kini Panca Dasar “ Tayun Care “ The 5 Principles of “ Tayun Care “ secara beruntun sebagai berikut :

  1. Proper Health Education – “Psychotherapy”
  2. Proper Debridement
  3. Proper Biostimulation Laser ( Anti Inflamasi, LLLT)
  4. Proper Antibiotic
  5. Proper Antioxydant

 

Visi & Misi Perusahaan

Meningkatkan kembali pelayanan masyarakat melalui penyakit kulit