Hubungi Kami Di (021) 5689-698

Home » Berita » Launching Buku Tayun Care

Launching Buku Tayun Care

Telah launching buku “Perawatan Luka Akut dan Kronik Diabetik Gangrene Menghindari Amputasi”

PODIATRI. Atlas Suku Awon. Menghindari Amputasi.

Penyakit tidak menular hadir sebagai pembunuh utama sejak beberapa dekade yang lalu. Penyakit degeneratif yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, kualitas lingkungan yang buruk, dan kondisi psikologis yang diimpit stres atau depresi berkepanjangan ini telah menjadi penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia. Dan, penderita penyakit ini serta angka kematian yang ditimbulkan oleh penyakit tidak menular diprediksi akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu jenis penyakit tidak menular yang  momok bagi semua orang. Derita yang dihadirkan penyakit ini sungguh luar biasa. Tak hanya rasa sakit, tetapi diabetes juga mampu meluluhlantakkan kepercayaan diri penderitanya. Betapa tidak, luka yang tampak “mengerikan” dapat timbul akibat penyakit ini, kadang disertai dengan bau busuk. Tidak jarang, luka ini harus berakhir dengan tindakan amputasi. Merelakan anggota tubuh untuk hilang, lalu hidup sebagai manusia tidak sempurna pastilah akan menjadi mimpi buruk bagi siapa saja.

Buku ini hadir untuk menambah referensi tentang seputar penyakit tidak menular diabetes melitus, termasuk metode perawatan luka di kaki. Buku ini bukanlah hasil penelitian, melainkan pengalaman pribadi, diawali setelah mengenal “Biostimulation Laser” tahun 1992. Sebagai SpKK, pada awalnya penulis terfokus pada “Dermatologi Kosmetik” dan karena terpanggil oleh situasi dan kondisi serta himbauan para sejawat di FKUI, akhirnya ikut menolong penyembuhan kelainan kulit dikaki, khususnya luka diabetes (LD), setelah pensiun pada tahun 2001.

PB IDI tahun 1988 menetapkan bahwa setiap orang berhak memilih perawat, dokter, dan rumah sakit untuk menjaga kesehatannya sehingga setiap orang dapat berobat sesuai dengan keinginan yang bersangkutan.

Yang tercantum dalam buku ini adalah hasil rangkuman rekaman cerita pasien-pasien, yang disampaikan secara lisan. Semoga uraian dan foto-foto yang disajikan di dalam buku ini dapat dijadikan bukti bahwa kedokteran modern masa kini adalah barang mewah dan perlu dipikirkan kedokteran yang murah, mudah, dan efektif,khususnya pemikiran untuk para medical provider, mahasiswa S1, General Practitioner (GP; dokter umum), dan mahasiswa S2.

cover-depan-saja

Comments are closed.