Hubungi Kami Di (021) 5689-698

Home » Artikel » Penyakit Gaya Hidup alias Penyakit Tidak Menular dapat mempengaruhi DNA anda.

Penyakit Gaya Hidup alias Penyakit Tidak Menular dapat mempengaruhi DNA anda.

Penyakit tidak menular (PTM); Jantung, Kanker, Diabetes, Ginjal,Lever, hadir sebagai pembunuh utama sejak beberapa dekade yang lalu. Penyakit degeneratif yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, kualitas lingkungan yang buruk, dan kondisi psikologis yang diimpit stres atau depresi berkepanjangan ini telah menjadi penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia. Dan, penderita penyakit ini serta angka kematian yang ditimbulkan oleh penyakit tidak menular diprediksi akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

  • Penelitian gizi ilmiah dari Harvard Medical School sekitar 3 dekade kemudian menyatakan bahwa penyakit metabolik tersebut disebabkan oleh: gaya hidup dan kurang olah fisik.
  • Penulis Asia (Timur) seperti Hiromi Shinya ( penemu Endoscopi ), Shigeo Haruyama (Endorphin) setuju bahwa “Western Life Style” sebagai penyebab petaka dunia (DM) sehingga “Gaya Hidup” baru ini menjadi kambing congek-hitam PTM
  • Ternyata jenis PTM yang menggoyang dunia (epidemik abad 20-21) adalah : DM2 seperti laporan senator George McGovern (1977) disenat AS, bahwa : Diabetes, Penyakit Jantung koroner dan Kanker mengancam SDM potensial AS, dapat menjadi gangguan sosial ekonomi.
  • DM di Indonesia adalah beban baru kesehatan masyarakat. Di USA terkenal sebagai “The Deadly Desease”- pembunuh. Pada masa kini Indonesia menghadapi “double burden desease” – beban ganda; disatu pihak belum tuntas beban lama-penyakit infeksi, kini sudah muncul beban baru penyakit non-infeksi yang didominasi oleh penyakit degeneratif-lebih dikenal sebagai Penyakit Tidak Menular (PTM).
  • Menurut Dep-Kes, DM dan Penyakit Metabolik (PM) adalah PTM yang harus dikendalikan untuk pencegahan komplikasi yang lebih luas dan dalam sehingga kedua jenis penyakit tersebut dibawah naungan Subdit Diabetes Melitus dan Penyakit Metabolik. Kelompok PTM yang lain (Dep Kes RI) adalah Subdit Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Subdit Kanker, Subdit Penyakit Kronik & degeneratif dan Subdit Gangguan Lalin dan Cedera. Terlihat jelas sesuai dengan paparan DepKes, ruang lingkup PTM di Indonesia cukup luas.

Sebagian besar penyakit PTM (seperti kanker,DM) berkaitan dengan Gen. Disepakati bahwa DNA sehat, sel, jaringan, organ tubuh sehat. Lingkungan – gaya hidup dapat mempengaruhi DNA.

  • Catatan : DNA adalah :
    • identitas kode kehidupan
    • Cetak biru kehidupan
      Kazuo Murakami , Universitas Tsukuba- Jepang.

Kanker dan Diabetes berawal dari Free Radical mengkarati DNA.

  • Pertimbangan dengan acuan penelitian ilmiah dinegara maju (Barat) dan Asia (Timur) serta titik terang soal penemuan sein biologi (DNA), saya memilih nama penyakit : diabetes dan penyakit metabolik, dengan bahasa yang sudah popular yakni : “Penyakit Gaya Hidup”. Untuk umum nama ini cepat dipahami, sudah merakyat dan bila ditanyakan obatnya dapat dijawab sendiri yakni: “merubah gaya hidup” -ada pada pribadi kita masing masing.
  • Diharapkan dengan pencerdasan yang tiada henti penyakit yang kini populer dan sudah merenggut nyawa seperti : Stroke, PJK, Hemodialisa (cuci darah) dan gangrene (si bau busuk), cepat sirna atau berkurang.

penyakit-gaya-hidup

 

Dokter I Gusti Agung K Rata SpKK ( K ) FINS DV.

Comments are closed.