Hubungi Kami Di (021) 5689-698

Home » Proper Debridement

Proper Debridement

Eksudat umumnya seropurulent, purulent, hitam serta kemerahan, bau busuk (malodor). krusta dan jaringan nekrotik yang hitam dan eskar lainnya menjadi sebab bau busuk.

Inflamasi hebat, edema dan fluktuasi merupakan pemandangan yang umum bagi pasien akar rumput, pasien menengah keatas sering lebih bersih, karena agak cepat kedokter.

Eksudat, eskar dan nekrotik tissue secepatnya dibersihkan (nekrotomi), insisi (abses), hilangkan malodor. Sarana yang dipakai adalah antiseptika tradisional, seperti H2O2, Jodium povidone, PK, dan antiseptika lainnya. Luka inflamatif dan eksudatif, ikuti cara kompres buku merah FKUI Departemen IPKK.

Secara tradisional G.A.S adalah bakteri yang umumnya sistemik; bakteri lain bersifat kolonisasi. Bila luka luas dapat terjadi “super imposed” Candida diberikan Gentian Violet.

Tidak perlu anti jamur sistemik.

Bila dilakukan dengan lege artis dalam (1-2) jam bau busuk hilang, inflamasi dan eksudat berkurang, pasien secara psikologik senang mendorong penyembuhan lebih cepat.

Tidak berpengalaman dengan “modern wound dressing”.

Tata perawatan yang dilakukan secara tradisional adalah ajaran Prof DR Sartono Sidik Kertopati guru besar IPKK zaman Belanda, yang penulis kenal sejak tahun 1960.

Antiseptika tradisional, murah dan ditemukan dimana-mana!. Hati-hati dengan H2O2 dan Sol PK sebaiknya dibuat baru dan cermati tanda obat tersebut masih vital!. Bila dibuat lege artis tidak ditemukan efek toksis, hasilnya “amazing”.